Please ENJOY

Jumat, 10 Januari 2020

Membidik Wajah-Wajah Unik



 
Dendi

Dari awal saya terjun ke dunia fotografi, saya lebih tertarik dengan foto-foto yang bernuansa alam, etnik, tradisional atau human interest, saya tidak begitu tertarik dengan konsep foto casual, modern, fashion (meskipun pada akhirnya saya sering memotret untuk kepentingan fashion) dsb.

Saya lebih tertarik untuk memotret dengan konsep human interest, atau apapun yang berhubungan dengan nuansa etnik atau tradisional, itu sebabnya model-model saya untuk kepentingan fotografi gak ada satupun yang ganteng atau yang cantik, saya tidak membutuhkan figure-figur seperti itu, justru saya lebih membutuhkan figur-figur biasa tetapi dengan karakter yang kuat.
 
Herry
Karakter yang dimiliki oleh seorang model sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan fotografi, saya suka dengan orang batak yang wajah bataknya terlihat jelas, atau orang china dengan kulit putih dan mata sipitnya, saya juga suka dengan kulit eksotik yang dimiliki orang papua atau ambon, menurut saya itu adalah ciri khas dengan karakter yang sangat kuat. 
 
Akmal
Selama saya menjadi seorang fotografer (meskipun masih amatiran), saya dikelilingin oleh banyak model-model ganteng dan cantik, tapi sayangnya saya kurang begitu membutuhkan mereka, kecuali pemotretan untuk kepentingan promosi produk tenun yang saya miliki.
 
Bian

Mencari model dengan wajah yang unik dan berkarakter itu tidaklah gampang, kadang saya bertemu seseorang dengan kriteria yang saya mau, tetrapi seseorang itu belum tentu mau atau berminat untuk saya foto, tetapi banyak juga yang menghubungi saya untuk jadi model dan giliran saya yang gak mau, karena menurut saya mereka kurang berkarakter dan gak unik.

Deny
Deny





















Saya membagi dua katagori model:

  1. Model Untuk Kepentingan Fashion: biasanya saya mencari model dengan mengutamakan penampilan, untuk promosi produk fashion, model ganteng dan cantik itu mutlak, karena produk fashion hanya akan menarik apabila dipakai oleh model dengan wajah yang good looking.
  2. Model Untuk Kepentingan Fotografi: untuk model ini tampang dan postur tubuh tidaklah penting, yang terpenting adalah penampilan model haruslah sesuai dengan konsep foto yang akan saya ambil, saat saya memotret dengan konsep foto human interest dan temanya kehidupan atau aktifitas masyarakat desa, tentunya model yang saya butuhkan adalah model-model sederhana yang indentik dengan masyarakat desa, begitu juga dengan konsep-konsep foto lainnya, model, suasana, property, waktu pengambilan foto dll haruslah disesuaikan.
Tedy
Tedy



















 

Kali ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya ketika saya membidik figure-figur yang saya anggap unik, dan saya sengaja memilih mereka, karena saya rasa mereka cocok untuk konsep photoshoot kali ini, konsepnya Indian, sengaja saya membawa baju, kain dan topi Indian agar terlihat dramatis, merekapun dimake up ala-ala Indian, baju tenun yang mereka pakai tentu saya tidak sama dengan pakaian yang biasa dipakai oleh suku Indian asli, tetapi paling tidak mereka memakai pakaian yang tidak seperti pakaian yang mereka pakai sehari-hari, yaaahh anggap saja Indian dengan kearifan local.

Bian, Akmal, Herry

Model-model yang mempunyai wajah unik dan berkarakter itu terdiri dari Deny, Herry, Akmal, Tedy, Bian,  dan Dendi, sengaja saya memilih mereka, karena hanya mereka yang cocok untuk difoto dengan konsep Indian, lokasi foto sengaja mengambil di tempat sepi jauh dari perumahan penduduk, agar saat photoshoot berlangsung tidak terganggu oleh aktifitas masyarakat setempat. Lokasinya di Kawah Gunung Wayang, Pangalengan.

Butuh perjuangan yang sedikit melelahkan untuk mencapai Kawah Gunung Wayang, selain jauh dari Kota Bandung tempat saya tinggal, kamipun harus berjalan kaki agak menanjak selama ±45 menit dengan jalan setapak yang tidak rata.

Photoshoot dimulai siang ketika matahari tepat diatas ubun-ubun kami, hingga saat pemotretan terasa panas dan silau, agar hasil fotonya tidak terlalu terang dan tidak ada noise, settingan ISO di kamera sengaja saya kecilin, saya pakai ISO 160 dengan Exposure 1/500s.

Photoshoot berjalan lancar mekipun kami semua harus sedikit nyengir karena silau dan kepanasan, tapi kami bersyukur hasilnya lumayan bagus, padahal pemotretan diambil sudah siang dan bukan saat best time.
 
Dendi, Deny
Kerjasama dari para model saya rasa sangat membantu kelancaran pemotretan saat itu, mereka tanpa kenal lelah dan tanpa mengeluh bergantian saya foto. Menurut saya pemotretan saat itu adalah pemotretan yang paling berkesan yang saya rasakan, karena itu kali pertama saya memotret model konsep yang berbeda, keunikan dan karakter wajah yang mereka miliki membuat hasil foto menjadi semakin maksimal.

2 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  2. Do you realize there is a 12 word phrase you can say to your partner... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, admire and care for you with all his heart...

    =====> 12 Words Will Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him work better than ever before to love and admire you.

    As a matter of fact, triggering this dominant impulse is so mandatory to achieving the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll soon find him open his heart and mind to you in a way he never experienced before and he will see you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

    BalasHapus