Please ENJOY

Jumat, 03 Januari 2020

MANHOOD Kreasi Pakaian Tenun



MANHOOD adalah sebuah merk dari Baju Tenun yang saya buat, kata MANHOOD diambil dari bahasa inggris yang artinya Kedewasaan atau saat seorang laki-laki mencapai kedewasaan dalam berpikir, berbicara dan bersikap dengan disertai masculinity dan keberanian untuk bertanggung jawab.

Itu sebabnya koleksi pakaian dari MANHOOD 99,9% didesign untuk laki-laki, dengan rentang usia 18–50 tahun atau bahkan lebih. Saya sengaja memilih design untuk laki-laki karena lebih simple dan tentunya saya sangat memahami pakaian apa yang bagus untuk laki-laki.

Kecintaan saya terhadap sesuatu yang behubungan dengan tradisional atau etnik Indonesia yang mendorong saya memilih kain tenun sebagai bahan dasar baju yang saya design, saya menyukai tenun dari mulai cara pembuatan, pewarnaan hingga kain yang sudah jadi, saya sangat menyukai kesemua prosesnya.

Hingga saat ini, baju tenun yang saya buat sudah tersebar kemana-mana, dari mulai Jawa, Sulawesi, Kalimantan bahkan NTT dan NTB.

Ada cerita menarik dari penjualan baju tenun ini, banyak pembeli yang datang dari daerah Sumba-NTT, mereka membeli baju gunung dengan hoodie (topinya), baju tersebut biasanya dipakai oleh para pencinta alam, saat mereka menjelajah alam lalu difoto dengan menggunakan baju semacam itu, hasinya sangat instagramable.

Menurut saya agak sedikit lucu, ketika orang sumba memesan baju dari saya (alamat saya di Bandung-Jawa Barat), padahal kain sebagai bahan baku baju tersebut adalah kain dengan motif khas Sumba yang saya datangkan dari daerah sana, saya hanya mendesign dan membuat bajunya saja, jadi kain dari Sumba saya beli, saya jahit di Bandung, lalu dijadikan baju dan saya jual lagi ke Sumba.

Baju Tenun yang saya design juga banyak dipakai oleh model-model saat mengikuti sebuah event fashion, seperti Cardinal Art Culture, Bandung Model Hunt, Ramadhan Hunt, bahkan pernah menjadi juara 1 Dalam sebuah acara Carnaval di Taiwan, saat itu yang menjadi Modelnya adalah seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Taiwan.

Dengan baju Tenun merk MANHOOD saya bersyukur bisa sedikit ambil bagian dalam melestarikan kain khas Indonesia, sedikit membatu para UKM dengan membeli produk kain mereka sebagai bahan baku baju, mensupport anak-anak muda yang berprofesi sebagai model dalam maniti karirnya, dan sedikit menambah penghasilan dari menjual baju-baju tersebut.

Semoga apa yang saya lakukan ini dapat bermanfaat bagi orang-orang disekitar saya dan semoga semuanya membawa berkah.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus