Please ENJOY

Senin, 06 Januari 2020

Hobi Yang Dibayar




Akhir-akhir ini aktifitas luang saya banyak disibukan dengan urusan fotografi, bukan untuk memotret diri sendiri seperti apa yang sebelumnya sering saya lakukan, atau yang orang lain lakukan, tetapi untuk memotret sebuah moment atau event, yang kesemuanya berhubungan dengan fashion, pre-wedding/wedding, lomba fotografi ataupun moment-moment lainnya yang layak untuk diabadikan.

Buat saya, fotografi bukan hanya sekedar hobi dimana saya dapat menemukan kebahagiaan saat menjalaninya, tetapi sebuah cara untuk mencari uang tambahan, meskipun tujuan utama saya melakukan aktifitas fotografi adalah untuk menyalurkan hobi dan bakat terpendam saya.

Dulu sebelum saya mendalami bidang fotografi, hobi saya adalah difoto, hampir semua lokasi wisata yang ada di Bandung dan sekitarnya pernah saya datangi, hanya untuk difoto di lokasi tersebut, tetapi ketika saya sudah mendalami dunia fotografi hobi saya yang asalnya difoto menjadi memoto, saya jadi kurang begitu suka difoto karena tidak ada kepuasan di dalamnya, justru kepuasan saya didapat setelah saya memoto seseorang atau sesuatu yang menarik untuk saya abadikan.

Saya mendalami dunia fotografi tidak setengah-setengah, tapi saya serius menjalaninya, saya masuk sekolah fotografi yang ada di Bandung, dan beberapa kali ikut berbagai pelatihan yang berhubungan dengan dunia fotografi, masuk berbagai komunitas fotografi untuk menambah pengalaman dan wawasan, juga ikut berbagai lomba yang berhubungan dengan fotografi, saya juga melengkapi berbagai alat fotografi dengan berbagai kamera (Canon dan Nikon), lighting, tripod dan berbagai lensa tentunya.

Banyak biaya yang sudah saya keluarkan untuk hobi di atas, dan saya anggap itu sebuah investasi, tetapi apa yang saya dapatkan, jauh lebih berharga dari uang yang saya keluarkan.

Fotografi juga mendukung usahasaya di bidang fashion, karena untuk kepentingan promosi saya membutuhkan banyak foto, dan lewat hobi fotografi inilah usaha saya di bidang fashion dapat berjalan seiringan, bukan hanya untuk produk fashion saya saja, tapi ada beberapa butik dan usaha di bidang fashion di Bandung menggunakan jasa fotografi saya untuk kepentingan bisnisnya.

Lewat fotografi membuat link saya semakin luas, saya banyak kenal dengan masyarakat dari berbagai latar belakang dan berbagai profesi, dari mulai model, wedding organizer, pengusaha pakaian/butik, kafe, dan berbagai usaha lainnya. Saya sangat bersyukur dengan apa yang saya dapatkan.

Nanti akan saya share hasil dari jepretan saya, baik untuk pre-wedding/wedding, lomba foto, foto fashion, foto produk dll, bukan untuk memamerkan keahlian yang tidak seberapa, tetapi hanya untuk sharing ilmu dan pengalaman, saya berharap akan lebih banyak lagi bermnculan orang-oarang yang hobinya sama seperti saya di bidang fotografi.

0 komentar:

Posting Komentar