Please ENJOY

Minggu, 22 Februari 2015

Bersihnya Ciwidey Valley




Kalau dihitung-hitung mungkin sudah puluhan kali saya main ke daerah ciwidey, tapi hingga saat ini saya sama sekali tidak pernah merasa bosan, mungkin karena saya suka bermain ke tempat-tempat yang bernuasa alam terutama daerah yang sejuk, atau mungkin karena saya sangat mengenal daerah ciwidey dan mempunyai banyak teman yang tinggal disana, atau mungkin juga karena banyak sekali tempat-tempat yang bisa kita kunjungi, dan banyak lagi alasan yang membuat saya ingin datang lagi ke Ciwidey. 



Perjalanan kali ini agak sedikit santai, sengaja saya memilih hari sabtu agar tidak terlalu macet di jalan, setiap Sabtu sebagian karyawan yang bekerja di bandung libur, meskipun Sabtu adalah hari weekend yang biasa dipakai masyarakat untuk berlibur, tapi khusus untuk tujuan wisata ke Ciwidey tidaklah seramai dan sepadat Lembang yang selalu dipadati para wisatawan dari Jakarta. Jalanan cenderung kosong jadi saya bisa sampai tujuan lebih cepat.


Tujuan saya kali ini adalah Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort, lokasinya tidak terlalu jauh, kalau dari arah Bandung letaknya sebelah kanan jalan,  ± 500 meter sebelum Kawah Putih. Tepatnya Jl. Raya barutunggul, Ciwidey KM 17.


Sampai ditujuan siang hari, sengatan matahari berpadu dengan dinginnya angin gunung membuat saya tetap merasa nyaman untuk berlama-lama di halaman parkir yang luas dan bersih. Halaman parkir yang nyaman, dengan dekorasi yang sangat bagus dan cocok untuk berfoto. Tepat diujung halaman parkir saya melihat deretan hurup kapital bertuliskan CIWIDEY VALEY HOT SPRING WATER & RESORT di antara bambu-bambu yang dipasang berjejer, tulisan itu seolah menyapa setiap pengunjung untuk menikmati nuansa alam yang tertata apik. Disisi lain ucapan selamat datang terpangpang jelas masih dengan hurup kapital bertuliskan SELAMAT DATANG DI RANCA BALI menyambut kedatangan para wisatawan yang berkunjung kesana.


Ticket masuk lokasi terbilang murah, hanya Rp. 15,000 dan ticketnya bisa ditukar dengan soft drink tetapi itu belum termasuk ticket khusus untuk berenang di Kolam yang airnya hangat secara alami. Kelebihan dari resort ini adalah konsepnya yang berbeda dari resort-resort yang ada, perpaduan antara resto, kolam renang, penginapan dengan nuansa alam pegunungan yang segar, tapi karena saat itu saya tidak membawa peralatan renang jadi saya tidak mencoba merasakan sensasi berenang di alam terbuka dengan air yang hangat alami.




Disisi lain, disamping resto berdiri sangkar burung yang besar, bentuk sangkarnya jauh lebih bagus dari Taman Burung yang ada di TMII, kita bisa masuk kedalamnya dengan meniti tangga terlebih dulu, di dalam sangkar burung kita bisa berfoto, spotnya sangat bagus apalgi kalau kita mengambilnya dengan kamera DSLR, tidak seperti sangkar burung besar pada umumnya, dimana pengunjung masuk dan posisinya di bawah, sangkar burung yang ada di Ciwidey Valley mempunyai semacam jembatan yang melingkar mengelilingi sangkar dan posisinya diatas.


Diujung, paling belakang terdapat juga penginapan, semacam bungalow dengan ukuran yang berbeda-beda, ada yang untuk perorangan atau dua orang, ada juga yang bisa menampung hinggal 6 orang atau family room, dekorasinya mirip semacam rumah panggung khas parahiyangan, namun tentu saja bangunannya jauh lebih kokoh.

Tidak banyak yang saya tahu tentang Ciwidey Valley, tetapi kesan pertama saat berkunjung kesana saya langsung kagum dengan keramah tamahan para karyawannya dan kebersihan tempatnya, dari mulai halaman parkir, toilet sampai tempat duduknyapun sangat bersih, tidak ada satupun saya lihat sampah yang berserakan, semuanya bersih dan tertata dengan apik.




Sepertinya ada yang kurang rasanya apabila kita berkunjung ke suatu tempat tanpa menikmati hidangan yang disajikan, dan Ciwidey Valley dilengkapi dengan sebuah restaurant dengan konsep perpaduan modern ala Eropa dan Etnik Sunda, namanya Lembah Ciwidey Resto, makanan dan minuman yang tersedia disana sangat beragam dengan rasa yang sangat enak dan harga yang sangat terjangkau, saat kita menikmati makanan kita bisa memilih tempat apakah dibawah atau di lantai atas, saat itu saya memilih di lantai atas, karena dari sana saya bisa melihat pemandangan yang indah berlatarkan perkebunan dan gunung-gunung yang berjejer. Selain bisa juga masuk kedalam sangkar burung yang besar tadi karena disambungkan oleh jembatan kecil yang berfungsi sebagai akses jalan. 




Ciwidey Valley adalah resort yang terbilang baru, tetapi penangan yang profesional mampu membuat Ciwidey Valley birdiri sejajar dengan resort-resort yang ada disekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar